Hakim ke Setnov: Saya Ingatkan, 4 Dokter Nyatakan Anda Sehatkumparan1 | JalanPintas

Hakim ke Setnov: Saya Ingatkan, 4 Dokter Nyatakan Anda Sehatkumparan1



Setya Novanto meninggalkan ruang sidang (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)

Majelis hakim hingga saat ini masih meminta pendapat dari dokter terkait kondisi kesehatan Setya Novanto. Pembacaan surat dakwaan mantan Ketua DPR itu belum dilakukan karena ia mengeluh sakit.


Namun kemudian 4 dokter yang sempat memeriksa Setya Novanto memastikan bahwa ia dalam kondisi sehat dan bisa mengikuti sidang. Keempat dokter itu terdiri dari 3 dokter dari IDI dan 1 dokter dari KPK.


Awalnya, hakim mengonfirmasi kembali kondisi Setya Novanto yang sempat diperiksa di sela-sela persidangan. Ketiga dokter IDI kemudian menyatakan bahwa Setya Novanto dalam keadaan baik. 


"Artinya bila dilanjutkan dengan pemeriksaan pembacaan, kira-kira kuat enggak sampai selesai?" tanya Ketua Majelis hakim Yanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (13/12).


"Saya rasa kuat, tadi kondisi terakhir masih baik," jawab salah satu dokter.


"Pendengarannya baik?" tanya hakim kembali.


"Cukup baik, komunikatif, bisa diajak bicara," jawab dokter.


"Artinya kalau yang bertanya dokter, bisa menjawab dengan lancar?" ujar hakim.


"Iya," jawab dokter yang disusul tertawa dari sejumlah pengunjung sidang.


Hakim Yanto kemudian bertanya kembali ke dokter Johanes Hutabarat yang merupakan dokter KPK. Johanes sempat memeriksa Setya Novanto pagi hari sebelum dibawa ke pengadilan.


Menurut dia, kondisi saat itu cukup lancar. Ia pun menyatakan siap mempertanggungjawabkan hasil pemeriksaannya itu. "Bisa (dipertanggungjawabkan)," kata dia.


Atas jawaban para dokter itu, hakim lantas sempat mengingatkan Setya Novanto. "Jadi saudara terdakwa, saya ingatkan kembali, empat dokter yang periksa anda nyatakan anda sehat," ujar dia.


Artikel Asli





Sumber




0 Response to "Hakim ke Setnov: Saya Ingatkan, 4 Dokter Nyatakan Anda Sehatkumparan1"

Posting Komentar